Rabu, 20 Januari 2010

BIAYA KUALITAS DAN PRUDUKTIVITAS


Biaya Kualitas dan Produktivitas
Definisi Kualitas
Sebuah  Produk yang berkualitas adalah produk yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan...
Jadi, produk atau jasa yang berkualitas adalah yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan dalam 8 (delapan) dimensi yaitu :
*     Performance
Bagaimana suatu produk  dapat  difungsikan dengan baik
*     Aesthetics
Menunjukan kejelasan produks (style, beauty)
*     Serviceability
adanya Durability
       Kualitas kemudahan perawatan dan  perbaikan produk
*     Features
Karakteristik produk yang berbeda atas produks yang sama
*     Reliability
Kemungkinan bahwa  produk atau service dapat  diandalkan dalam waktu yg lama
*     Durability
Lama fungsi sebuah Produk
*     Kualitas of conformance
Kesesuaian produk dengan kualitas/specifications
*     Fitness for use
Kecocokan penggunaan produk sesuai yang diharapkan
Biaya Kualitas
Sedangkan biaya kualitas itu sendiri adalah biaya-biaya yang timbul karena mungkin atau telah terdapat produk yang buruk kualitasnya
Dalam hal ini, biaya kualitas berkaitan dengan kegiatan pengendalian dan kegiatan  karena kegagalan
Zero defects berarti bahwa semua produks sesuai dengan specifications.(Berkualitas)
Ada 4 (empat) kategori biaya kualitas, antara lain biaya-biaya yang terjadi untuk/karena :
1)     Preventive Costs
mencegah kualitas yang buruk pada produk atau jasa yang dihasilkan
2)     Appraisal Costs
Menjaga produk danjasa agar sesuai dengan persyaratan atau kebutuhan pelanggan
3)     Internal failure Costs
Produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan pelanggan
4)     External failure Costs
produk dan jasa yang dihasilkan gagal memenuhi kebutuhan pelanggan setelah disampaikan kepada pelanggan
Contoh Biaya Kualitas
Prevention Costs
Program pelatihan Kualitas     
Perencanaan Kualitas
Pengendalian Proses  
Laporan Kualitas          
Supplier evaluation and selection
Pemeriksaan Kualitas
Kualitas circles              
Field trials       
Design reviews                            
Appraisal  Costs    
Inspection of raw materials
Testing of raw materials
Packaging inspection
Supervising appraisal
Audit kualitas produk
Process acceptance
Inspection of equipment
Testing equipment
evaluasi inventori        
Internal failure Biaya
Scrap                                             
Rework / kerja ulang  
100% sortir inspeksi    
Reinspection  
Retesting         
Design changes                           
External failure Costs
Cost of recalls
Lost sales
Returns/allowances
Warranties
Repairs
produk liability
Customer dissatisfaction
Lost market share
Complaint adjustment
Klasifikasi Biaya Kualitas
klasifikasi biaya kualitas, antara lain :
        biaya yang dapat diamati dan
        biaya yang tidak dapat diamati.
        Biaya kualitas yang dapat diamati (observable quality costs) merupakan biaya-biaya yang tersedia atau dapat diperoleh dari catatan akuntansi perusahaan
        Sedangkan biaya kualitas yang tersembunyi (hidden costs) adalah biaya kesempatan atau oportunitas yang terjadi karena adanya kualitas yang buruk .
        Untuk mengestimasi biaya kualitas yang tersembunyi, ada 3 (tiga) metode yang disarankan yaitu :
Metode Pengali
Metode Penelitian Pasar
Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
Metode Pengali
  The multiplier method mengasumsikan bahwa total biaya kegagalan adalah hasil pengalian dari biaya-biaya kegagalan :
  Total biaya kegagalan eksternal = k (Biaya kegagalan eksternal yang terukur)
¡  dimana ‘ k ‘ adalah the multiplier effect
¡  Jika k = 4, dan biaya kegagalan eksternal yang terukur sebesar $2 million, maka estimasi Total biaya kegagalan eksternal  menjadi sebesar $8 million.
Metode Penelitian Pasar
  Metode Penelitian Pasar digunakan untuk menilai dampak kualitas yang buruk terhadap penjualan dan pangsa pasar.
¡  Suvey Customer dan interviews dengan members penjualan dapat memberikan pengertian yang significant kedalam arti pentingnya Biaya perusahaan yang tersembunyi.
¡  Hasil penelitian pasar dapat digunakan untuk memproyeksikan hilangnya laba di masa depan akibat kualitas yang buruk.
Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
  Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi  mengasumsikan bahwa setiap penyimpangan dari nilai target suatu karakteristik kualitas dapat menimbulkan biaya kualitas yang tersembunyi.
¡  Selain itu, Biaya Kualitas yang tersembunyi meningkatkan secara signifikan sebagai nilai deviasi actual dari nilai sebuah target.
Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
L(y) = k(y – T)²
k = Konstanta proporsionalitas yang
      besarnya bergantung pada struktur biaya
      kegagalan  eksternal perusahaan
y =Nilai actual dari karakteristik kualitas
T = Nilai target dari karakteristik kualitas
L =Kerugian kualitas
Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
  Untuk menggunakan fungsi kerugian Taguchi, maka nilai k harus diestimasi dengan rumus sebagai berikut :
  K = c/d²
  Dimana :
  c = Kerugian pada batas spesifikasi atas atau bawah
  d = Jarak batas dari nilai target
Produktifitas Sebagai Alat Pengukuran dan Pengendalian
Efisiensi produktif total adalah suatu titik dimana dua kondisi terpenuhi yaitu,:
  1. Pada setiap bauran input untuk memproduksi output tertentu maka tidak satu input pun yang digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output;
  2. Atas bauran-bauran yang memenuhi kondisi pertama maka dipilih bauran dengan biaya terendah.
Tehnik Efisiensi
  Tehnik Efisiensi adalah kondisi dimana sudah tidak ada lagi satu inputpun yang digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output.
  Peningkatan Tehnik efisiensi improvement dapat dicapai dengan menggunakan lebih sedikit input untuk menghasilkan ouput yang sama, atau memproduksi output lebih banyak dengan jumlah input yang sama, atau memproduksi output lebih banyak dengan input relative lebih sedikit.










2 komentar:

  1. Hello Everybody,
    My name is Mrs Anita. I live in UK London and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of $250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of $250,000.00 U.S. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Anita, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com)Thank you

    BalasHapus
  2. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    ;'[=-

    BalasHapus