Rabu, 20 Januari 2010

BALANCE SCORE CARD

BALANCED SCORECARD
“BALANCED” (berimbang
Keseimbangan:
 Kinerja keuangan – non keuangan
 Kinerja jangka panjang- jangka pendek
 Menilai Kinerja tercatat dan kinerja yang diharapkan
SCORECARD
 Kartuyang digunakan untuk mencatat skor kinerja organisasi
 Kartu skor untuk mencatat kinerja yang hendak diwujudkan oleh suatu organisasi
 Mencatat kemajuan atau perubahan kinerja
Apa yang dimaksud dengan balancend scorecard ?
 Kumpulan ukuran kinerja organisasi yang diturunkan dari strategi organisasi untuk mendukung dan mengarahkan pelaksanaan tujuan strategi secara khusus
 Memberikan suatu cara untuk menjelaskan strategi organisasi pada manajer - manajer di seluruh organisasi
 Dapat menjawab pertanyaan: apa yang perlu diperbaiki dan bagaimana caranya?
 Memberikan suatu cara untuk menjelaskan strategi organisasi pada manajer - manajer di seluruh organisasi
 Balanced Scorecard merupakan alat pengukuran kinerja perusahaan yang komprehensif berdasarkan ukuran keuangan dan non keuangan.
 Menurut Kaplan (1996) “if can measure it you can manage it”.
 Pengukuran terhadap keempat perspektif tersebut adalah :
 Perspektif keuangan: mencakup ukuran kinerja keuangan seperti pendapatan operasional dan arus kas
 Perspektif pelanggan: mencakup ukuran kepuasan pelanggan
 Perspektif proses internal: mencakup diantaranya ukuran produktivitas dan kecepatan
 Pembelajaran dan inovasi: mencakup ukuran seperti jumlah jam pelatihan karyawan dan jumlah paten atau produk baru.
Memperluas Balanced Scorecard
 Perusahaan harus peduli dengan kesinambungan (sustainability) bisnis mereka, yaitu penyeimbangan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam 3 dimensi kinerja perusahaan- ekonomi, sosial, dan lingkungan.
 Kinerja ekonomi diukur dengan cara tradisional, sementara kinerja sosial berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan karyawan serta pihak berkepentingan lainnya. Dimensi lingkungan mengacu pada pengaruh operasi perusahaan pada lingkungan.
DIALS IN AN AIRPLANE COCKPIT
• Weather
• Fuel
• Height
• Latitude
• Temperature
• Time
• Frequency
• ….
Manfaat Balanced Scorecard
 Informasi dapat diperoleh secara cepat
 Mendukung budaya manajemen yang transparan
 Merubah cara kerja organisasi agar lebih efisien dan cepat
 Umpan balik dapat diperoleh secara obyektif berkelanjutan dan cepat
 Manajer dan staf dapat fokus pada ukuran kinerja yang kritis
Kapan menggunakan balanced scorecard ?
 Pada saat memulai (ada peluang) deregulasi
 Adanya pesaing baru
 Pada waktu menerima tantangan baru dari stake holder
 Pelaksanaan kebijakan yang baru atau reorganisasi yang mendasar (Otonomi?, Desentralisasi?)
LANGKAH PENYUSUNAN BALANCE SCORECARD
 Pemahaman sistem manajemen kinerja
 Pengkajian lingkungan kelembagaan, analisa stake holder,
 Penyusunan visi, misi, SWOT, peringkat isue kritis
 Penyusunan tujuan strategis
 Penyusunan tujuan spesifik
 Penyusunan Indikator dan Ukuran Kinerja
 Penentuan sasaran
 Penyusunan Rencana tindakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar